16 Contoh Paragraf Perbandingan Beserta Pengertian Terlengkap

16 Contoh Paragraf Perbandingan Beserta Pengertian Terlengkap
16 Contoh Paragraf Perbandingan Beserta Pengertian Terlengkap

Sangat banyak sekali jenis-jenis paragraf  yang ada di dalam Bahasa Indonesia. Pada perjumpaan kali ini admin akan menjelaskan tentang paragraf perbandingan dan contohnya. Apakah yang dimaksud paragraf perbandingan? Pasti banyak dari sobat yang bertanya-tanya tentang jenis paragraf yang satu ini. Paragraf perbandingan adalah paragraf yang pada gagasan utamanya berbentuk perbandingan dengan suatu objek yang memiliki kemiripan. 

Paragraf perbandingan merupakan pengembangan dari bentuk paragraf eksposisi yang sudah kita bahas sebelumnya. Nah untuk sobat yang belum jelas silahkan baca terlebih dahulu tentang paragraf eksposisi. Suatu paragraf dapat dikatakan paragraf perbandingan apabila dalam paragraf tersebut terdapat ciri-ciri sebagai berikut.

Ciri-ciri paragraf perbandingan

  1. Objek yang diangkat atau dibicarakan di dalam paragraf perbandingan bersifat konkret.
  2. Dalam paragraf ini isinya adalah pembicaraan tentang dua buah objek yang terdapat kemiripan di dalamnya untuk mencari kesamaan serta perbedaan dari kedua objek tersebut.
  3. Pada paragraf perbandingan hanya membicarakan tentang perbandingan dan kesamaan kedua objek tersebut tanpa memihak pada satu objek tertentu.
  4. Gagasan utama pada paragraf perbandingan pada umumnya terletak pada akhir paragraf.
  5. Pada paragraf perbandingan terdapat kata penghubung antara lain, namun demikian, jika dibandingkan dengan, sesuai dengan, sama halnya dengan dan masih banyak lagi.
Jika di dalam suatu paragraf terdapat keempat syarat tersebut berarti dapat dikatakan bahwa paragraf tersebut merupakan paragraf perbandingan. Nah agar sobat lebih memahami tentang paragraf yang satu ini mari kita simak beberapa contoh paragraf perbandingan di bawah ini.

Contoh Paragraf Perbandingan 1

Ayah terkadang memang sedikit galak dan sering memarahiku. Ayah juga sering bicara dengan nada yang tinggi sehingga orang yang berbicara dengannya pasti merasa aneh. Namun ayah adalah orang yang penyayang pada keluarganya. Hal itu dibuktikan karena ayah merupakan imam terbaik dalam keluargaku. Berbeda dengan ayah, Ibu adalah orang yang sangat lemah lembut dalam tutur katanya. Ibu juga merupakan orang yang penyayang keluarga terutama pada anak-anaknya. Setiap pagi ibu selalu bangun terlebih dulu untuk memasak, menyapu serta membereskan pekerjaan rumah. Ibu selalu mengingatkan kami untuk tidak meninggalkan solat karena solat merupakan tiang akhlak. Meskipun begitu, ayah dan ibu merupakan orang yang sangat berharga bagi aku dan adikku.

Contoh Paragraf Perbandingan 2

Orang Jakarta mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya banjir. Banjir dianggap sebagai bencana rutin yang datang setiap tahunnya. Ketika musim hujan tiba, sebagian daratan Jakarta pasti ditenggelamkan air kiriman dari Bogor. Hal tersebut merupakan permasalahan yang belum terselesaikan oleh pemerintah daerah hingga saat ini. Sama halnya dengan banjir, Jakarta juga merupakan daerah dengan tingkat kebakaran tertinggi di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena banyaknya pemukiman kumuh serta arus listrik yang tidak teratur. Maka dari itu pemerintah Jakarta saat ini sedang melakukan penataan kota secara besar-besaran untuk meminimalisirkan terjadinya bencana banjir dan kebakaran yang selalu melanda Ibukota.

Contoh Paragraf Perbandingan 3

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pesepakbola terbaik dunia saat ini. Meskipun usianya sudah menginjak 30 tahun ia masih terus merumput dengan skill diatas rata-rata pemain lainnya. Mencetak gol adalah kebiasaan Ronaldo di setiap pertandingannya. Maka dari itu tidak heran jika pemain yang satu ini telah menerima berbagai penghargaan sebagai pesepakbola terbaik. Sama halnya dengan Ronaldo, Valentino Rossi juga merupakan bintang namun perbedaannya Valentino merupakan bintang di olahraga balap motor bergengsi di dunia yaitu Moto GP. Rossi selama kariernya di Moto GP telah merenggut 7 gelar juara dan merupakan capaian yang belum tertandingi dengan pembalap manapun di Moto GP. Meskipun Rossi saat ini sudah tidak muda lagi namun ia masih menunjukan konsistensi balapnya. Namun demikian, Ronaldo dan Rossi merupakan bintang yang sulit tersaingi di olahraganya masing-masing.

Contoh Paragraf Perbandingan 4

Polisi dan tentara merupakan profesi yang sangat berjasa dalam menjaga keamanan negeri ini. Polisi bertugas dalam keamanan dan ketertiban masyarakat. Polisi juga selalu menjaga kestabilan di dalam masyarakat dari konflik-konflik internal yang terjadi. Bukan hanya itu saja, polisi juga berusaha selalu mengayomi masyarakat demi menjaga agar masyarakat merasas lebih aman dari ancaman berbagai hal yang tidak diinginkan. Sedikit berbeda dengan polisi, tentara juga merupakan pengaman negara dari tindak teror, serta ancaman yang datang dari luar dan dalam negeri. Tentara bertugas menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman teror dan semacamnya. Namun demikian Polisi dan Tentara merupakan alat negara yang sangat berjasa dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Contoh Paragraf Perbandingan 5

Pisang merupakan buah dengan kandungan serat yang tinggi. Pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan sebagai sumber stamina bagi tubuh. Manfaat lain dari buah yang satu ini jika dikonsumsi pria maka akan sangat baik dalam menjaga gairah seksual pria. Selain itu pisang juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Pepaya juga buah yang sangat enak dikonsumsi. Pepaya juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Buah pepaya dipercaya dapat menyehatkan tubuh dan melancarkan pencernaan untuk anda yang sulit buang air besar. Hal tersebut juga karena di dalam pepaya terdapat kandungan serat yang sangat tinggi. Meskipun demikian, Kedua buah tersebut sangat baik untuk tubuh apabila dikonsumsi secara rutin.

Nah contoh diatas mengakhiri perjumpaan kita pada kesempatan kali ini. Semoga artikel tentang contoh paragraf perbandingan diatas dapat bermanfaat untuk sobat semua. 

Related Posts:

0 Response to "16 Contoh Paragraf Perbandingan Beserta Pengertian Terlengkap"

Posting Komentar