Pengertian dan 17 Contoh Paragraf Deskripsi Singkat Terbaik

Pengertian dan 17 Contoh Paragraf Deskripsi Singkat Terbaik
Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi Singkat 


Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi merupakan jenis paragraf yang di dalamnya menyajikan suatu gambaran tentang cerita yang disajikan di dalam paragraf tersebut. Paragraf deskripsi pada dasarnya bertujuan untuk merangsang pikiran pembaca untuk mampu menggambarkan isi paragraf tersebut pada imajinasinya. 

Ciri-ciri paragraf deskripsi
Pada dasarnya paragraf deskripsi memiliki beberapa ciri-ciri antara lain:
  1. Pada paragraf deskripsi di dalamnya menggambarkan tentang suatu kejadian, tempat, benda dan sebagainya.
  2. Dalam penggambaran paragraf deskripsi umumnya melibatkan panca indra.
  3. Paragraf deskripsi bertujuan agar pembaca dapat masuk kedalam cerita dan mampu melihat,     mendengar, serta merasakan apa  yang ada di dalam cerita tersebut.
  4. Penggambaran terhadap objek yang digambarkan bisa berupa warna, sifat, bentuk, dan         sebagainya.

Contoh Paragraf Deskripsi Singkat
Salah satu hotel yang paling menakutkan yang ada di kota ini adalah hotel melati yang konon sangat kental dengan cerita mistis di dalamnya. Ketika anda memasuki pintu hotel itu semuanya seperti sama saja dengan hotel lainnya. Hanya saja yang membedakan cat temboknya yang sudah mulai pudar dan kusam, meja resepsionis yang terbuat dari kayu yang mulai usang menambah kekentalan kesan mengerikan tersebut. Namun ketika anda memasuki lorongnya di kamar paling ujung sebelah kanan terdapat satu kamar yang tidak boleh di tempati yaitu kamar nomor 213. Dahulu di kamar tersebut pernah terjadi pembantaian sepasang kekasih dengan cara yang sangat sadis. Sepasang kekasih tersebut dibantai dan kepalanya hilang entah kemana. Kejadian tersebut merupakan awal mula kamar nomor 213 tidak lagi bisa ditempati namun menurut penjaga hotel kamar tersebut tetap di bersihkan dan ditata dengan rapi seperti kamar lainnya.

Contoh Paragraf Deskripsi Singkat
Bunga adalah namanya orang-orang desa menyebutnya dengan bunga desa karena parasnya yang terlewat ayu. Bunga memiliki rambut yang panjang berwarna hitam dan tubuh yang munjulang tinggi sekitar 160 cm tak heran jika banyak pria desa yang jatuh hati padanya. Bunga merupakan gadis yang santun dan sangat patuh kepada kedua orang tuanya. Setiap pagi bunga membantu sang ayah untuk membawa barang dagangannya ke pasar dengan membawa sepeda mini miliknya. Bukan hanya itu dia juga ternyata merupakan bidan desa yang baru menyelesaikan sekolahnya di kota satu tahun yang lalu. 

Itulah baru kita simak tentang pengertian dan contoh paragraf deskripsi yang pastinya sangat mudah dimengerti bukan? Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan solusi permasalahan anda!!! 

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan 17 Contoh Paragraf Deskripsi Singkat Terbaik"

Posting Komentar