Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Beserta Struktur Terbaru dan Terlengkap

Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Beserta Struktur Terbaru dan Terlengkap

Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Beserta Struktur Terbaru dan Terlengkap - Hai sobat, pada pertemuan kali ini admin akan memberikan contoh teks ulasan tentang film laskar pelangi. Mungkin sobat sudah melihat filmnya? atau mungkin belum? film ini merupakan film Indonesia yang termasuk film yang go internasional karena ceritanya yang mendalam dan mengisahkan rakyat Indonesia dari segi yang berbeda. Mari kita lihat selengkapnya di bawah ini.

Struktur Teks Ulasan Film Laskar Pelangi

Struktur teks ulasan pada dasarnya sudah kita bahas pada pertemuan selanjutnya dan pada contoh kali ini admin juga memberikan strukturnya secara berurutan dan sistematis. Adapun struktur dari film laskar pelangi adalah Orientasi, Tafsiran, Evaluasi dan Rangkuman. Jika sobat belum mengerti tentang hal ini maka simak Cara menentukan struktur teks ulasan

Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi

Laskar Pelangi adalah film karya Riri Riza yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata yang juga berjudul laskar pelangi. Film dan novel laskar pelangi merupakan karya yang laris dipasaran karena latar cerita yang menggambarkan rakyat Indonesia dari sisi yang berbeda. Hal tersebut tak terlepas dari penciptanya, Riri Riza sang sutradara film dan Andrea Hirata yang mau mengangkat cerita yang berbeda padahal waktu itu Indonesia masih sangat ramai dengan film tema cinta. Namun karena keberanian mereka meluncurkan film ini, ternyata sambutan masyarakat sungguh luar biasa dan bahkan mendapat sambutan baik di mancanegara. Terbukti film ini pun masuk unggulan di Asia Film Award yang diadakan di Hongkong.

Salah satu hal yang membuat  film ini menarik adalah pemerannya yang merupakan anak-anak asli Pulau Belitung yang juga latar tempat pada film ini. Mereka memerankan tokoh – tokoh yang ada di cerita tersebut, seperti Zulfani (Ikal), Ferdian (Lingtang), Verrys Yamarno (Mahar), dan masih banyak tokoh lainnya. Pendalaman peran yang ditampilkan para anak-anak belitong ternyata luar biasa, mereka mampu membawakan peran masing-masing dengan sangat mendalami dan gaya bahasa yang mereka gunakan pun sangat menggambarkan masyarakat asli belitung. Hal ini tentunya menambah warna dari film ini dan menandakan kepada dunia tentang keberagaman Indonesia.

Pada film ini sebenarnya tema utamanya adalah pendidikan yang mana di dalamnya terdapat persahabatan 10 orang anak yang bersekolah di SD Muhammadiyah yang letaknya di pinggir pantai dengan bangunan yang benar-benar sudah tak layak digunakan. Sekolah ini sebenarnya sudah mau ditutup karena kekurangan siswa yang mendaftar. Namun pada akhirnya sekolah ini tak jadi ditutup karena perjuangan 10 orang anak tersebut dan 2 orang guru yang sangat berjasa yaitu Cut Mini (Bu Muslimah) dan Ikranegara (Pak Harfan). Film ini pada dasarnya menyuguhkan sajian film bertema persahabatan tentang 10 orang anak tersebut namun ada bagian sisi emosional dari film ini yaitu ketika Lintang ditinggalkan ayahnya yang meninggal ketika melaut dan ia pun harus menghidupi adik-adiknya yang masih kecil. Akibat pemeran Lintang yang sangat mendalami film ini, maka pada bagian tersebut penonton mau tak mau dipaksa untuk masuk merasakan atmosfer emosional yang ada di dalam adegan itu.

Beberapa adegan pada film ini juga dapat membuat penonton menjadi terharu  akan kegigihan Lintang yang setiap harinya bersepeda menggunakan sepeda tua sejauh 40 km hanya untuk kesekolah saja. Lalu pada adegan lainnya seperti saat murid menjemur kapur tulis yang basah agar proses pembelajaran dapat berlangsung, tentunya hal ini akan menggugah hati para penonton. Namun pada film ini karena latar banyak di ambil di luar ruangan dan letak sekolah yang berada di pinggir pantai dengan angin yang kencang membuat ada beberapa adegan yang suaranya tak terdengar jelas. Meskipun demikian, film ini juga secara tidak langsung mempromosikan salah satu pantai Indonesia yang sangat indah yaitu Pantai Belitong dengan pasir yang putih dan air yang jernih. Selain itu, semenjak film ini ditayangkan, sangat banyak orang yang pergi ke Belitung hanya untuk berfoto di SD Muhammadiyah yang menjadi latar pada film ini. 

Sangat banyak sekali pesan moral yang disajikan pada film ini sehingga tak jarang penonton sampai meneteskan air mata ketika menonton film ini karena kegigihan semangat Lintang dan teman-temannya demi meraih pendidikan di daerah yang sangat terpencil di Indonesia. Oleh sebab itu, maka tak heran jika film ini berhasil meraih berbagai penghargaan baik dari dalam dan luar negeri. Film ini sangat layak ditonton berbagai kalangan tanpa batasan usia dan film ini meskipun di putar pertama kali pada tahun 2008 tetapi film ini layak ditonton berulang kali. 

Nah itu tadi sobat Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Beserta Struktur Terbaru dan Terlengkap semoga dapat bermanfaat bagi sobat. Sampai jumpa pada perjumpaan selanjutnya dengan contoh teks ulasan lainnya yang lebih menarik tentunya.

Related Posts:

0 Response to "Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Beserta Struktur Terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar