Pengertian beserta Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Terlengkap




Kalimat utama dan penjelas merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam suatu paragraf. Tanpa kalimat utama dan penjelas paragraf tidak akan mempunyai arti. Jika sobat pelajar masih bingung tentang definisi kalimat utama dan kalimat penjelas mari kita bahas bersama-sama.

Kalimat Utama
Kalimat utama adalah kalimat yang berada pada awal maupun pada akhir paragraf yang di dalamnya berisi gagasan utama dan ide pokok dari paragraf tersebut. Sebuah kalimat dapat dikatakan kalimat utama jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Ciri-ciri Kalimat Utama
  1. Kalimat utama pada umumnya terletak pada awal paragraf. Namun beberapa jenis paragraf ada yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Kalimat utama yang terletak di akhir paragraf biasanya diawali dengan kata "Jadi, Oleh karena itu, Maka, Kesimpulannya".
  2. Di dalam kalimat utama terdapat permasalahan pokok yang dijabarkan secara rinci dan tegas.
  3. Kalimat utama adalah kalimat utuh yang dapat berdiri sendiri meskipun tanpa penghubung.
  4. Kalimat utama memiliki arti yang jelas meski telah dihubungkan dengan kalimat lainnya.

Kalimat Penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat-kalimat yang berisi penjelasan tentang kalimat utama berupa uraian-uraian dan penjabaran yang mendukung kalimat utama. Pada satu paragraf kalimat penjelas terdiri lebih dari satu kalimat. Suatu kalimat dapat dikatakan kalimat penjelas apa bila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Ciri-ciri kalimat penjelas
  1. Kalimat penjelas adalah kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri karena sifat dari kalimat penjelas adalah sebagai kalimat pendukung tentang kalimat utama.
  2. Kalimat penjelas berisi tentang deskripsi, gambaran, perbandingan mengenai tema yang dibahas pada paragraf tersebut.
  3. Kalimat penjelas membutuhkan kata penghubung agar paragraf tersebut terlihat berkesinambungan antar kalimat-kalimatnya. 
  4. Kata-kata penghubung yang digunakan dalam kalimat penjelas antara lain: "contohnya, bahkan, misalnya" dan lain-lain.

Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas di Dalam Paragraf

Contoh 1

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia dan merupakan negara berkembang. Hal ini mengakibatkan terjadinya kesenjangan yang ada di masyarakat karena sebagian penduduk Indonesia masih hidup dalam kemiskinan. Beberapa dari penduduk Indonesia pun banyak yang bekerja sebagai TKI karena kurangnya lapangan pekerjaan di Indonesia. Bukan hanya itu saja bahkan kedaulatan pangan juga sudah mulai terancam karena tingginya nilai impor pangan kita yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang tergantung kepada negara lain. Namun pemerintah memang telah menerapkan kebijakannya untuk meringankan beban rakyat. Meskipun begitu pemerintah dianggap belum mampu mensejahterakan rakyatnya.

Penjelasan:
Jika kita lihat pada contoh paragraf diatas, kalimat utama terletak pada awal paragraf. Kalimat utama tersebut didukung beberapa kalimat penjelas yang membuat paragraf tersebut terlihat lebih relevan untuk dibaca. 

Contoh 2

Beberapa barang pokok meningkat sangat tajam akhir-akhir ini. Misalnya saja beras yang meningkat hingga Rp.2000 per Kg sedangkan cabai harga semula Rp.10.000 per kg sekarang mencapai Rp.20.000 per Kg. Hal ini jelas memicu keresahan di masyarakat karena akan tambah menyulitkan masyarakat. Bahkan beberapa dari masyarakat di pasar rela membeli cabai busuk untuk dikonsumsi keluarganya. Oleh karena itu, pemerintah dituntut untuk melakukan sidak harga agar dan dapat menstabilkan harga barang-barang pokok.

Penjelasan:
Pada paragraf diatas kalimat utama terletak pada akhir paragraf yang merupakan gagasan utama dari paragraf tersebut. Kalimat utama tersebut diawali dengan kata "oleh karena itu" sebagai penghubung dari kalimat penjelas untuk menarik kesimpulan dari paragraf tersebut.

Semoga artikel ini dapat membantu anda yang kesulitan. Sampai jumpa pada artikel yang lebih menarik selanjutnya!

Related Posts:

0 Response to "Pengertian beserta Contoh Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Terlengkap"

Posting Komentar